Minggu, 21 September 2014

Partisipasi BEM FT UMS pada Bakti Sosial FEMAT se JATENG-DIY


Partisipasi BEM FT UMS  pada Bakti Sosial FEMAT se JATENG-DIY

Kamis, 28 Agustus 2014 kami delegasi dari mahasiswa teknik UMS yang terdiri dari Gubma (Gigih Argosandya Mayannna), Ketua Departemen Internal dan Eksternal (Wahyu Suntoro Aji), Gitsa Maharani, dan Novelia Mahastuti ikut berpartisipasi dalam acara bakti sosial yang dilaksanakan di SD Sutopati 5, Magelang, Jawa Tengah.  Kegiatan Baksos ini merupakan salah satu program kerja FEMAT.  Untuk sampai disekolah tersebut kami melewati medan yang cukup menantang. Sekolah ini dijuluki sebagai sekolah Negeri diatas Awan, Mengapa begitu?

Karena Sekolah Dasar yang kami kunjungi ini berada di lereng gunung Sumbing Magelang yang terletak di dataran tinggi hampir sampai awan terendah. Sekolah ini terletak di sebuah perkampungan masyarakat lereng gunung yang dimana kondisi masyarakat disana masih belum memperhatikan masalah pendidikan anak-anak mereka. Di sekolah ini juga ada program paket B untuk SMP Sederajat pada siang hari yang awalnya diikuti 30 an siswa dan hanya bersisa 3 orang siswi saja. Hal ini bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka banyak yang menikah di usia dini dan bertani daripada menuntut ilmu karena mereka banyak yang belum menyadari akan pentingnya menuntut ilmu.

Kami berangkat bersama menggunakan kendaraan roda dua dari Solo pukul 07.30 WIB dan sampai di lokasi pukul 11.25 WIB dikarenakan hari itu merupakan H+1 setelah kegiatan PPA FT 2014 berlangsung dan kami tertinggal oleh rombongan yang sebelumnya kumpul bersama di Universitas Muhammadiyah Magelang pada pukul 02.00 WIB ke lokasi. Saat kami tiba disana, tinggal 3 orang siswa yang masih bermain di sekolah. Hal ini membuat kami agak kecewa karena hampir tidak bisa menemui adik-adiknya secara langsung. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat kami berempat untuk membagikan buku-buku tulis yang kami bawa. Setelah sholat dhuhur kami menemui beberapa siswa yang masih bermain di sekolah untuk memanggil teman-temannya. Dengan adanya buku tersebut mereka sangat antusias dan langsung memanggil teman-teman mereka untuk datang ke sekolah.

Setelah mereka berkumpul dan berbaris di lapangan, kami bersama teman-teman dari FEMAT yang terdiri dari mahasiswa eksekutif teknik delegasi dari UMMgl, UMP, dan Unissula bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu kami melanjutkan acara dengan ice breaking dan games bambu gila. Bambu gila merupakan permainan yang dapat menguji karakter pemimpin karena permainan ini dilakukan secara berkelompok dan memerlukan satu komando dari para pemain. Permainan ini sangat sederhana karena tujuannya menurunkan satu buah bambu yang tipis yang awalnya diangkat bersama dan menurunkan ke tanah secara bersamaan tanpa menjapitnya. Apabila kelompok tidak bisa menurunkannya itu dikarenakan tingkat emosional masing-masing orang/ individu itu berbeda-beda sehingga membuat bambu itu terangkat secara terus-menerus.

Kami membagikan buku dengan syarat mereka harus lulus dalam permainan yang kami adakan. Mengapa hal ini dilakukan? Karena dengan begitu mereka akan tertanam suatu sifat dimana untuk mendapatkan sesuatu harus ada usaha yang dilakukan dan menanamkan sifat kejujuran kepada mereka dengan memastikan memang mereka sudah berhasil dalam permainan dan berhak mendapatkan buku walaupun memang pada akhirnya kami membagikannya secara merata untuk masing-masing anak.

Pada suatu kesempatan kami diberikan waktu oleh guru yang mengajar siswa kejar paket B untuk mengajarkan mereka sesuai materi yang ada di buku panduan. Kami memanfaatkan itu untuk sharing dengan mereka dan diskusi serta memberikan motivasi dan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya menuntut ilmu serta bagaimana persaingan di dunia luar yang semakin menegangkan dan harus disikapi dengan ilmu pengetahuan karena kita generasi muda the agent of change.

Pada pukul 14.45 WIB kami semua pulang bareng kumpul dulu di Universitas Muhammadiyah Magelang untuk istirahat sejenak dan sholat ashar serta keliling-keliling mengabadikan beberapa foto disana untuk kenang-kenangan. Setelah selesai kami kembali ke kota masing-masing untuk kembali beraktivitas di kampus kami. Sekian terimakasih J J J

Contact

Hubungi Kami

jika Slow Respon bisa langsung mengirimkan pesan melalui Direct Message via Instagram: bemftums

Alamat:

Gedung F Lantai 1 Sayap Selatan Kampus II UMS Jalan Ahmad Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura 57162

Jam Kerja:

8am - 5pm

Nomor HP WA:

085742890860

Diberdayakan oleh Blogger.